Info

Ibu Menyusui Menurunkan Resiko Sindrom Metabolik

Ibu Menyusui Menurunkan Resiko Sindrom Metabolik

Allkes.com  – Ibu..seberapa pentingkah arti seorang ibu dalam hidup Sahabat Allkes.com ? Ibu adalah seorang wanita yang rela mengorbankan waktu dan energinya untuk membahagiakan bayi mungilnya. Memiliki peran penting dalam kehidupan sang bayi. Seorang ibu mampu melakukan kegiatan multi fungsi untuk bayinya. Seperti menyusui sambil menggendong ketika kita menangis dan sebagainya, ia rela korbankan.

Dilansir dalam publikasi Jurnal Kesehatan Wanita menyatakan, wanita yang menghabiskan waktu menyusui lebih lama dalam hidup mereka dapat menurunkan resiko sindrom metabolik dan gangguan kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, glukosa dan trigliserida. Selain memberikan manfaat untuk si Ibu, menyusui juga membantu bayi dalam melawan infeksi dan juga bisa membantu mencegah alergi dan obesitas.

Berbagai manfaat yang perlu Ibu ketahui terkait menyusui.

Fakta pertama,

Telah terbukti bahwa menyusui mampu mengurangi risiko kanker payudara. Meskipun manfaat ini, hanya dua perlima dari bayi di seluruh dunia yang memperoleh ASI eksklusif selama enam bulan pertama seperti yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Fakta kedua

Dalam penelitian terhadap lebih dari 4.700 wanita Korea, peneliti dari Universitas Hallym telah menemukan bahwa menyusui selama 12 bulan atau lebih memiliki keterhubungan dengan menurunkan risiko sindrom metabolik, seperti jantung penyakit, diabetes dan stroke.

Dr Susan G. Kornstein, Kepala Editor Journal of Women’s Health, Direktur Eksekutif Virginia Commonwealth University Institute for Women’s Health, dan Presiden Academy of Women’s Health, memaparkan, “Efek menguntungkan ASI bagi bayi yang baru lahir, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa menyusui dapat melindungi ibu terhadap sindrom metabolik, semakin menambah dasar bukti yang mendukung manfaat ASI bagi kesehatan ibu”. Mereka menemukan bahwa durasi menyusui dikaitkan dengan penurunan risiko masing-masing komponen sindrom metabolik seperti tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.

Jadi Ibu, masihkah Ibu pikir dua kali untuk memberikan ASI ekslusif untuk bayi kalian? Melihat begitu banyak manfaat yang diberikan baik untuk si Ibu maupun sang bayi.(qb/ar)

Referensi tulisan: asianscientist.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *