Medical Entrepreneur, Terbaru, Today’s hot topics

Pasar Robotika Medis Dan Masa Depan Teknologi Kesehatan  

Pasar Robotika Medis Dan Masa Depan Teknologi Kesehatan  

Allkes.com – Nampaknya, di masa mendatang keberlangsungan sistem kesehatan akan didukung dengan otomatisasi kesehatan digital seperti teknologi augmented intellegent, 3D printing, atau robotika. Bahkan, robotika dapat menjadi pilihan untuk mengambil alih pekerjaan-pekerjaan monoton petugas kesehatan, sehingga memungkinkan beban tenaga kesehatan lebih ringan dan dapat lebih fokus dalam merawat pasien. Keyakinan ini dipercaya oleh para ahli seperti Elon Musk, Tesla-CEO dan yang lainnya, bahkan kepopuleran teknologi robotika telah meroket di pasar medis global senilai $5.480.000.000 pada tahun 2011 dan diperkirakan dapat mencapai $13.6 milyar pada 2018, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 12,6% dari tahun 2012.

Berikut ini adalah robotika yang telah masuk ke pasar global medis:  

  1. Robotika Bedah

Bidang yang dianggap paling cepat berkembang dalam perawatan kesehatan adalah robotika bedah, sebab profesi bedah berada di “puncak rantai makanan kesehatan”. Industri ini diharapkan dapat mencapai hampir dua kali lipat dari $6,4 milyar pada tahun 2020. Perusahaan-perusahaan yang telah menjadi pemain paling penting di pasar, sebut saja Intuitive Surgical yang memperkenalkan da Vinci Surgical System pada tahun 2000 dengan harga penawaran umum $46 juta, Medrobotics yang memperkenalkan Flex Robotic System pada Juli 2015, kerjasama Alphabet’s Google dan Johnson&Johnson yang memperkenalkan Verb Surgical pada Desember 2015, dan Hansen Medical yang memproduksi Sensei Robotic Catheter System dan Magellan Robotic System.

  1. Robotika dalam Bidang Farmasi

Harapan kemudahan untuk bidang medis ternyata juga merambah pada bidang farmasi, diantaranya oleh perusahaan Aethon yang telah dikenal sejak 2004 dengan robot pengiriman otomatisnya, TUG, perusahaan Aesynt yang menawarkan robot dengan solusi menejemen obat, serta perusahaan Innovation Associates yang menawarkan PharmASSIST ROBOTx, yaitu robot yang mampu meracik dan membantu memberikan ukuran obat yang benar.  

  1. Exoskeletons

Membantu orang lumpuh agar kembali berjalan merupakan salah satu fungsi robot exoskeletons. Perusahaan yang memproduksi exoskeleton, yaitu Ekso Bionics, Barrett Medical, Cyberdyne, Hocoma, dan ReWalk Robotics.

  1. Robot Kebersihan Rumah Sakit

Xenex Robot merupakan robot kebersihan rumah sakit produksi Xenex Technologies yang telah hadir di 400 rumah sakit di Amerika Serikat.

  1. Telepresence Robot

Kebutuhan perangkat telemedical akibat kurangnya tenaga kesehatan di dunia menyebabkan munculnya telepresence robot. Perusahaan yang ambil bagian dalam pasar ini adalah perusahaan Intouch Health dan VGo Communication.

  1. Robot Sahabat

Selain perawatan secara fisik, proses penyembuhan dan pemeliharaan kesehatan juga memerlukan perawatan psikis. Peluang ini memunculkan robot sahabat yang di produksi oleh perusahaan Luvuzo PBC, yaitu Sam yang mampu membantu di komunitas manula dan penyandang cacat, perusahaan Honda Robotics yang menghadirkan ASIMO yang mampu bergerak menyerupai manusia, serta AIST yang menghadirkan robot hewan peliharaan, PARO. (mr/ar)

Sumber Pustaka: medicalfuturist.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *