Info, Terbaru

Inilah Sumber Kekacauan Sistem Kesehatan Saat Ini

Inilah Sumber Kekacauan Sistem Kesehatan Saat Ini

Allkes.com – Kekacauan sistem pelayanan kesehatan saat ini telah berdampak pada “kehilangan pasien”, setiap hari terjadi kesalahan, kecelakaan dan infeksi di rumah sakit, belum lagi kematian dan penderitaan oleh prosedur awal yang seharusnya tidak dilakukan. Sesungguhnya apa masalah dalam perawatan kesehatan saat ini? Mengambil contoh kasus persalinan elektif dini, persoalan tersebut meliputi:z

1.Banyaknya perawatan yang tidak diperlukan

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, persalinan elektif dini tidak diperlukan. Namun, pada tahun 1990an selama dekade awal abad baru peningkatan dramatis jumlah persalinan elektif dini justru terjadi.

2. Pencegahan yang cenderung membahayakan untuk pasien

Kenyataan bahwa persalinan elektif dini merugikan perempuan dan bayinya, bahwa bayi yang lahir pada usia kehamilan 37-39 minggu memiliki risiko kematian lebih tinggi, juga risiko gangguan pernapasan dan kebutuhan akan perawatan intensif. Namun, mengapa masih saja didapati persalinan elektif dini di rumah sakit?

3. Pemborosan  

Biaya perawatan akibat persalinan elektif dini, dalam penelitian di American Journal of Obstetrics and Gynecology diperkirakan mencapai hampir $ 1 miliar per tahun. Bukankah ini bentuk pemborosan?

4.Membayar insentif negatif

Perencana kesehatan, Medicare dan Medicaid membayar layanan kesehatan tanpa memperhatikan apakah layanan tersebut benar-benar menguntungkan pasien atau tidak. Melihat kebenaran tentang persalinan elektif dini, bukankah menurunkan jumlah persalinan elektif dini akan menurunkan biaya untuk perawatan intensif bayi baru lahir?   

5. Kurangnya transparansi

Laporan yang dirilis The Leapfrog Group mengenai tarif persalinan elektif dini pada tahun 2010, ternyata menyebabkan penurunan tingkat persalinan elektif dini dari 17 persen ke 11,2 persen sesuai laporan Leapfrog yang dirilis pada tahun 2012.

Dilihat dari kelima masalah diatas, ini penyelesaiannya adalah para pengguna layanan kesehatan berhenti membayar perawatan yang tidak diperlukan, dan selalu menuntut adanya transparansi.(mr/ar)

Sumber Pustaka :forbes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *