Medical Innovation, Terbaru

Watson Si Ahli Onkologi dengan BigData Dari IBM

Watson Si Ahli Onkologi dengan BigData Dari IBM

Allkes.com – Pemberian pengobatan kanker yang tepat berdasarkan genetik adalah tujuan IBM mengembangkan teknologi Watson. Saat ini telah lebih dari 20 pusat kanker yang bekerjasama dengan IBM untuk mengumpulkan DNA pasien yang digunakan dalam program Watson dari pasien dengan limfoma, melanoma, kanker ovarium dan jenis kanker lainnya. Komputer akan memroses dan mempelajari data yang diperoleh dari catatan dokter, dan pasien kanker, serta literatur medis, hingga didapatkan informasi tentang perawatan potensial berdasarkan profil DNA pasien. Teknologi ini nantinya, ditujukan untuk menyederhanakan proses pengobatan kanker yang saat ini rumit dan memakan banyak waktu.

Keseriusan untuk memperluas peranan Watson di bidang onkologi, telah diwujudkan oleh IBM dengan melakukan kerjasama dengan Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering (MSK) pada tahun 2012. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembagkan software yang mampu menunjukkan rejimen pengobatan berdasarkan bukti ilmiah dan pengalaman sebelumnya dari pasien MSK. Menurut Jennifer Klemp, direktur kesintasan kanker dari University of Kansas Medical Center, salah satu mitra IBM, sekarang mungkin telah diuji dan dianalisis hingga 500 gen yang berisiko mewariskan kanker dan mutasi lain yang mungkin mengarahkan pada pemilihan pengobatan.

Keinginan untuk mengembangkan pengobatan berdasarkan genom bukan hanya datang dari IBM saja, Craig Venter, salah satu ilmuan urutan genom manusia dari Human Longevity, San Diego bermitra dengan perusahaan farmasi juga untuk mengembangkan hubungan gen dengan beberapa penyakit. Nantinya, pemafaatan Watson bukan terbatas pada ahli dan dokter onkologi saja, ahli dan dokter penyakit lain juga dapat memanfaatkanya, seperti yang telah dilakukan IBM dengan Medtronic dalam menemukan cara untuk memprediksi bahaya tingkat glukosa darah sangat rendah dengan bantuan Watson.(mr/ar)

Sumber Pustaka: usnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *