Medical Innovation, Terbaru

VTX-1 Liquid Biopsy System, Jebakan untuk Sel Kanker

VTX-1 Liquid Biopsy System, Jebakan untuk Sel Kanker

Allkes.com – Jika selama ini orang berputus asa sebab penyakit kanker yang dideritanya, entah dapat sembuh atau tidak? Ketakutan-ketakutan inilah semestinya harus Sahabat Medtech.id hilangkan. Mengapa? Vortex Bioscience dari Menlo Park, telah meluncurkan VTX-1 Liquid Biopsi System. Suatu perangkat yang secara otomatis dapat mengekstraksi sirkulasi sel tumor ( The Extraction of Circulating Tumor Cells / CTCs) yang berasal dari aliran darah.

Prinsip kerja perangkat ini sangat sederhana namun memiliki manfaat luar biasa. Teknologi filter bebas dalam perangkat ini didasarkan oleh suatu chip mikrofliuda yang terhubung oleh serangkaian kotak kemudian diteruskan melalui saluran kecil. Dorongan aliran darah menyebabkan darah memasuki sistem, kemudian pusaran cairan darah akan disaring didalam kotak perangkat ini.  Menariknya dalam sistem tersebut, sel-sel yang memiliki ukuran lebih besar akan terjebak dalam kotak dengan pola gerakan memutar secara berulang-ulang, sementara sel yang berukuran lebih kecil akan lolos melewati filter dan meneruskan aliran keluar saluran.

Sistem diatas sangat bermanfaat bila diterapkan pada penderita kanker. Oleh karena sel kanker cenderung memiliki ukuran sel yang lebih besar daripada sel darah merah dan putih, sehingga sistem mikrofluida akan menahan sel kanker. Sel kanker yang terjebak dalam kotak akan bergerak memutar karena tidak lolos CTCs.

“Kami sangat bangga mengumumkan peluncuran secara komersil produk Vortex VTX-1 Liquid Biopsy System kepada laboratorium penelitian” kata CEO NetScientific, Francois R. Martelet. “Kami percaya teknologi ini memiliki beberapa keuntungan besar untuk mencapai isolosi CTS pada sel kanker dan memiliki potensi  berarti dalam dunia penelitian kanker serta membantu pengembangan diagnostik dan terapi yang inovatif. Francois menambhakan bahwa peluncuran secara komersial produk ini merupakan tonggak penting bagi Vortex dan membawa kebermanfaatan perusahaan lebih dekat dengan penciptaan yang bernilai tinggi.”

Cukup menarik bukan? Setiap penyakit pasti ada obatnya, maka tak lantas kita berputus asa tuk menggapai sehat. Teknologi mutakhir terus dikembangkan dalam upaya mempermudah dan menciptakan inovasi terbaru di bidang perawatan kesehatan. Selalu ada mimpi di setiap cobaan.(qb/ar)

Refrensi :medgadget.com, digitallook.com

2 thoughts on “VTX-1 Liquid Biopsy System, Jebakan untuk Sel Kanker

  1. MatthewDelve berkata:

    Hello. And Bye.

  2. MatthewDelve berkata:

    Hello. And Bye.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *