Medical Innovation, Terbaru

Diagnosa Jarak Jauh melalui Telemedicine Robot

Diagnosa Jarak Jauh melalui Telemedicine Robot

Allkes.com- Jika selama ini Sahabat Medtech.id berbaring di rumah sakit selalu di kontrol pagi oleh seorang dokter dan perawat, bagaimana bila suatu hari nanti kondisinya beralih fungsi menjadi robot?  Sekarang ini, telah berkembang robot bedah yang membantu melakukan prosedur operasi, prosedur minimal invasif  yang telah diaplikasikan selama lebih dari 15 tahun. Dan kini seiring perkembangan teknologi muncul istilah “Robot telemedicine”, robot yang berkeliling di ruang gawat darurat. Robot ini memungkinkan adanya komunikasi kepada dokter spesialis jarak jauh dengan cepat dan kecepatan dalam mendiagnosa pasien yang mengalami stroke.

Jaringan tele-stroke memungkinkan komunikasi pasien dengan dokter melalui satelit. Teknologi ini dirasa sangat bermanfaat. Seperti halnya pada klinik kesehatan di pedesaan terpencil, memungkinkan menerima konsultasi langsung dari spesialis yang berbasis di pusat kota dengan jarak yang jauh dari pedesaan, ujar Gerry Popolow, wakil presiden untuk layanan klien internasional dengan InTouch Health. (Intouch Health merupakan perusahaan yang mengimplementasikan dan mengelola jaringan tele global stroke dan membuat berbagai perangkat robot-perawatan kesehatan).

Salah satu rumah sakit yang telah mengimplementasikan teknologi ini adalah Rumah Sakit Universitas Jefferson Thomas di Philadelphia, dengan 37 member rumah sakit. Tak membatasi hanya untuk aplikasi rumah sakit, perawatan robot dapat digunakan di rumah. Layaknya paramedis yang tanggap cepat panggilan darurat. Sebuah perangkat portabel, Xpress, memungkinkan responden pertama untuk gerak cepat menghubungkan pasien dengan dokter di departemen darurat. Dokter yang menggunakan software akses pasien yang telah diinstal di laptop, iPad atau iPhone dapat dengan mudah membaca kondisi pasien. InTouch Vita robot memfasilitasi tatap muka secara langsung antara dokter dan pasien stroke.

Dari perspektif pasien, Popolow mengatakan, perangkat portabel ini terlihat seperti layar komputer menampilkan wajah dokter. Namun sesungguhnya teknologi ini jauh lebih canggih. Dia mengatakan “Ini adalah robot dimana dokter memiliki kesempatan untuk memantau tanda-tanda vital pasien. EMT menambahkan perangkat diagnostik ini dalam ambulans untuk terhubung dengan robot. Robot kemudian menghubungkan pada dokter di ruang gawat darurat dengan cara memindahkan kamera resolusi tinggi dalam perangkat untuk menampilkan kondisi pasien kala itu. Ini sama halnya jika mereka (dokter) berada di ambulans. Pasien dapat melihat  wajah dokter dan suara secara natural sehingga pasien merasa seolah-olah berbicara dengan dokter yang nyata. Komunikasi ini sungguh handal. “

Melalui jaringan komunikasi ini, dokter meminta pasien menceritakan apa yang mereka rasakan dan gejala yang dialami ketika  tatap muka jarak jauh dengan pasien melalui kamera, pemahaman yang cukup untuk menyimpulkan suatu diagnosis. Dengan cara tersebut, pengobatan yang tepat dapat dimulai sesegera mungkin.

Bila navigasi diaktifkan oleh sistem scanning, maka kamera canggih bekerja sesuai prosedur. Robot memungkinkan operator untuk memperbesar dan memeriksa tanda-tanda vital stroke seperti reaksi pupil pasien. Robot mentransmisikan data ke UGD, serta gambar dan hasil tes lain yang tersedia di pusat Data tele-stroke. Hal ini memungkinkan akses cepat ke dalam catatan medis elektronik pasien dan mengetahui tanda-tanda vital real-time. Seorang dokter memonitor kesehatan pasien dengan cara mengaktifkan on-call, sehingga secara langsung mengirimkan pendapat diagnostik dan pengobatan efektif kepada pasien dari lokasi terpencil.

Sungguh teknologi yang menarik bukan? Mengingat urgensitas penyakit stroke yang secara tiba-tiba menyerang seseorang. Terlebih lagi bila seorang pasien tersebut berada di daerah terpencil namun butuh penanganan cepat dan tepat.(qb/ar)

Referensi tulisan: usnews.com

Ilustrasi gambar : theverge.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *