Medical Innovation, Terbaru

Viatom CheckMe Pro, Satu Langkah Menuju Science Fiction

Viatom CheckMe Pro, Satu Langkah Menuju Science Fiction

Allkes.com – Para penggemar science fiction akan dikagetkan dengan kemunculan sebuah alat yang mirip dengan medical tricorder yang ada dalam film Star Trek. Alat tersebut adalah Viatom CheckMe Pro, sebuah alat yang memiliki fitur-fitur terbaik untuk mendeteksi kesehatan seseorang. Fungsinya pun sangat bermacam-macam mulai dari ECG, mengukur saturasi oksigen dalam darah, berapa langkah yang dilakukan tiap hari, pengukur suhu dan tekanan darah, monitor tidur dan reminder.

Selain fungsinya yang banyak, bentuknya pun portable dan mudah dibawa serta transfer data pun dapat dilakukan tanpa menggunakan kabel. Kualitas lain dari Viatom CheckMe Pro yakni telah memperoleh ijin dari US Food and Drug Administration (FDA). Yang perlu dicatat bahwa alat ini juga mencakupi pemanfaatan sehari-hari contohnya alat olahraga. Meskipun begitu, fungsi utamanya adalah sebagai alat kesehatan. Jadi segmen targetnya adalah komunitas medis profesional.

Dalam kemasan Viatom CheckMe Pro akan ditemukan alat yang seukuran handphone dalam warna putih, kabel dari Viatom sendiri hampir mirip dengan mikro USB. Kabel tambahan untuk mendeteksi saturasi oksigen, gelang untuk monitor kualitas tidur, elektroda untuk ECG dengan channel pengukur ECG yang lebih banyak, manset tensi darah, sabuk untuk membungkus dada sebagai ECG holter dan sebuah monitor mini adapter untuk channel yang berbeda untuk mengecek level oksigen.

Tidak banyak perubahan hardware dari versi sebelumnya yakni alat untuk mengecek saturasi oksigen dalam darah yang lebih besar; diperkirakan untuk alasan akurasi. Bagian menu awalnya terlihat sama, sementara menu kedua menunjukkan fitur baru yakni mini monitor apabila ada versi yang terbaru dan ECG holter.

Bagaimana Tampilan Ketika CheckMe Pro Dinyalakan? Setelah dilakukan pengaturan profile dengan data pribadi, pengguna baru bisa menggunakan alat ini. Di layar awal terdapat pengukur suhu tubuh, monitor kualitas tidur, dan ketika digeser ke kanan, menu akan berganti. Pada bagian review berisi data pengukuran awal yang telah tersimpan, sebuah pedometer, yang akan melacak aktivitas fisik pengguna sepanjang hari. Selain itu juga terdapat mini monitor, pilihan setting dan ECG holter yang memiliki fitur yang canggih.

Salah satu fitur unik dalam alat ini adalah ECG holter, yang merupakan sebuah monitor ECG. Pada awalnya penggunaan monitor ECG holter sepanjang hari merupakan hal yang sangat meresahkan, karena alatnya harus digunakan selama 24 jam. Sekarang dengan Viatom CheckMe Pro, hal itu tidak akan terjadi lagi. Dengan alat yang sangat nyaman, pengguna tidak akan menyadari bahwa mereka menggunakan itu sepanjang hari.

Selain ECG holter, fitur lain yang menarik adalah monitor tidur. Alat ini akan membantu mengukur denyut jantung juga oksigen level dengan sangat akurat ketika pengguna sedang tertidur. Beberapa aplikasi smartphone, tidak memiliki sensor terbaik untuk monitoring tidur, terutama untuk beberapa orang yang memiliki gangguan tidur atau mendengkur, alat ini akan menjadi sangat berguna.

Dan pada akhirnya, pengukuran yang dilakukan dapat ditransfer datanya menuju sebuah smartphone. Darisanalah hasil akan diubah menjadi format PDF dan dapat dibagikan dengan perawat. Hal ini merupakan hal yang sangat krusial, untuk kesehatan masa depan dengan melakukan sharing data secara digital dan meninggalkan tradisi konensional dengan format print kertas. (ad/ar)

Pic and articel source : medicalfuturist.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *