Info, Medical Entrepreneur, Terbaru, Today’s hot topics

Teknologi Masa Depan, Solusi Gaya Hidup Sehat

Teknologi Masa Depan, Solusi Gaya Hidup Sehat

Allkes.com – Berapa lama waktu yang Sahabat Medtech.id habiskan untuk kesehatan tubuh? Waktu yang terkuras habis untuk pekerjaan memaksa kita untuk mencurahkan segala waktu untuk kepentingan kantor. Apakah kalian merasa hanya kalian sajalah yang memiliki rutinitas membosankan tersebut? Jadwal yang padat disusul deadline pekerjaan, semua ini menjenuhkan bukan? Lalu kapankah kita memikirkan diri sendiri, kesehatan kita, waktu sehat kita bersama keluarga tercinta?

Inilah alasan kuat mengapa solusi kian hadir diantara kita. Suatu kemutakhiran teknologi dan otomasi sistem yang membuat waktu begitu mudah diatur, atau hingga Anda berani mengajukan pada bos di kantor Anda bahwa “I have more free time”, membuang kejenuhan saat mengendarai mobil ketika kondisi macet? Robot dan remote teknologi dapat mengimbangi waktu untuk kesehatan Anda tanpa perlu khawatirkan karir Anda. Apakah itu mungkin? Bisakah itu menjadi realita? Pasti itulah pertanyaan yang ada di benak Anda sekarang. Baiklah, kami akan membuktikan bahwa kecanggihan teknologi kini sangat dekat dengan kehidupan nyata kita. Simak berikut ini.

Otomasi dan teknologi akan memberikan waktu untuk gaya hidup sehat. Apa yang Anda akan lakukan ketika terjebak macet berjam-jam? Tahukah Sahabat Medtech.id bila di negara Amerika, para pengendara menghabiskan rata-rata lebih dari 17,600 menit dalam kendaraannya per tahun? Itu artinya mereka menghabiskan 48 menit per hari di jalananan, data ini berdasarkan suvey dari AAA Foundation  for Traffic Safety pada tahun 2016.  Bukan waktu yang sedikit bukan?

Kemacetan

Data terbaru melaporkan bahwa para pengendara di belgia menghabiskan waktunya 44 jam dalam kemacetan di tahun 2015. Cukup mengejutkan. Hal ini menunjukkan bahwa kemacetan lalu lintas dapat mematikan aktifitas kota metropolitan Eropa. Sedangkan di Belanda, angka ini mencapai 29 jam, disusul oleh negera Jerman yakni selama 38 jam. Bagaimana di kotamu?

Sejanak pikirkan, bagaimana bila tercipta mobil tanpa pengemudi? Sehingga Sahabat Medtech.id tidak harus menghabiskan waktu membosankan di kemacetan lalu linta maupun ketika saat akan memarkirkan mobil baik di mall maupun tempat umum lainnya? Kita dapat menyisihkan waktu kurang lebih satu jam tersebut untuk perawatan kesehatan, menikmati waktu dengan nyaman di mobil saat kemacetan itu melanda.

Mobil tanpa pengemudi

Di tahun 2016, terdapat survey yang mengukur tingkat kebiasaan tidur masyarakat di Negara OECD, diantaranya Cina, India, dan Afrika Selatan. Sungguh aneh, diperoleh data bahwa mereka memiliki porsi tidur rata-rata lebih dari 9 jam sehari. Sementara itu, orang di negara Jepang dan Korea hanya tidur malam yang baik selama 7,6-7,8 jam. Lebih dari 1 jam selisih porsi tidur antar negara ini, hal ini didukung oleh masalah budaya dan sosial, kebutuhan pribadi, namun juga menyerang pada masalah kesehatan baik fisik maupun mental tiap pekerja.

Bagaimana dengan kalian Sahabat Medtech.id? Pada dasarnya kita menghabiskan sepertiga dari hidup harian kita untuk tidur. Ini sangat perlu untuk mengetahui seberapa besar porsi tidur yang kita butuhkan. Pernahkah Anda merasa kebiasaan pola tidur Anda sangatlah random? Terkadang kita tidur terlalu banyak hingga ketika bangun tubuh lebih fresh dan bugar kembali, namun ada kalanya ketika hari hari kita dikejar dealine maka waktu tidur kita berkurang karena harus begadang untuk menyelesaikan tugas. Atau kebiasaan tidur yang buruk? Mengharuskan Anda terbangun di tengah malam setidaknya tiga kali?

Pikirkan sejenak, apabila semua rutinitas kita dilakukan oleh robot?

Robot pencuci piring

Sahabat Medtech.id seorang wanita, ibu rumah tangga, atau wanita karir? Setelah aktifitas diluar yang melelahkan, berharap pulang ke rumah untuk beristirahat dengan nyaman, namun kalian melihat pemandangan tumpukan piring kotor. Mungkin saat Sahabat Medtech.id mengadakan hajatan di rumah dan setelah itu harus membersihkan piring kotor dan noda membandel? Mengapa harus wanita, apakah ini tuntutan gender?

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, pada 2015 pria Amerika menghabiskan rata-rata 1 jam 25 menit dari kegiatan rumah tangga (maintenance, repair, berkebun, membersihkan interior, dll), sementara wanita Amerika harus menghadapi masalah yang sama selama 2 jam 15 menit setiap hari. Di masa depan, segerombolan robot rumah tangga akan mengurus aktifitas yang menjengkelkan dan rutinitas yag monoton tersebut, sehingga kita bisa memiliki lebih banyak waktu untuk tugas-tugas yang bermakna. Sebuah tim, dari Columbia University, baru-baru ini meluncurkan sebuah robot yang dapat menyetrika pakaian, sebagai “solusi baru” untuk setrika manual. Atlas, robot dirancang dan dioperasikan oleh Florida Institute for Human & Mesin Kognisi (IHMC), dirancang oleh tim untuk membersihkan rumah.

Ingatkah Anda adegan dari film ikonik, The Fifth Element? Berapa banyak robot kecil bergegas saat Gary Oldman memecahkan kaca? Robot-robot itu membersihkan segalanya, ia bahkan tidak perlu menggerakkan jari. Bayangkan berapa banyak waktu yang Anda bisa kantongi jika bersahabat dengan robot kecil yang akan mengurus semua pekerjaan rumah tangga yang melelahkan!(qb/ar)

Referensi tulisan: medicalfuturist.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *