Medical Innovation, Terbaru

Rujukan Jadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi RSUA Telemedicine

Rujukan Jadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi RSUA Telemedicine

Allkes.com – Baru-baru ini RS UNAIR telah meluncurkan aplikasi bertajuk RSUA Telemedicine. Aplikasi yang dapat diunduh dengan sistem operasi android ini dimaksudkan untuk memudahkan pelayanan rujukan pasien. Pengguna akun aplikasi ini nantinya adalah para tenaga medis di bagian Instalasi Gawat Darurat fasilitas kesehatan terkait. Diluncurkan pada acara “Symposium Telemedicine: Inovasi Pelayanan Kesehatan melalui Pengembangan Health Science Institute”, di Aula Dharmawangsa RS UNAIR, yang dihadiri oleh Direktur RS UNAIR Prof. Dr. Nasronudin, beserta jajaran pimpinan, perwakilan-perwakilan rumah sakit dan puskesmas di Surabaya dan sekitarnya, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya pada sistem rujukan utama.

Untuk dapat memanfaatkan layanan aplikasi RSUA Telemedicine, tenaga medis di IGD harus terlebih dahulu memiliki akun pengguna. Perwakilan fasilitas kesehatan harus mendaftar terlebih dahulu ke pihak RS UNAIR. Kemudian akan dilakukan survei ke fasilitas kesehatan pendaftar oleh pihak RS UNAIR. Setelah survei dilakukan, tahap selanjutnya adalah penandatanganan nota kesepahaman dan setiap fasilitas kesehatan akan memperoleh satu akun pengguna beserta kata sandi.    

Rujukan Jadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi RSUA Telemedicine

Rujukan Jadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi RSUA Telemedicine

Menurut Tedy Apriawan, dr., Sp.BS., nantinya setelah berhasil mendaftar, maka tim IGD dari fasilitas kesehatan terkait akan dapat berkomunikasi dengan tim medis di bagian IGD RS UNAIR. Dalam komunikasi tersebut diharapkan informasi lengkap mengenai kondisi pasien dapat diberikan oleh fasilitas kesehatan terkait, baik data diri, hasil pemeriksaan fisik, diagnosis dan terapi yang telah diberikan, bisa juga diberikan dalam bentuk foto. Sehingga, saat informasi diterima, tim IGD RS UNAIR dapat berdiskusi untuk menentukan tindakan perawatan yang tepat dan mempersiapkan peralatan medis penunjang yang diperlukan.(mr/ar)

Sumber Pustaka: news.unair.ac.idnews.unair.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *