Medical Innovation, Terbaru

DripAssist, Hitung Tetesan Infus Digital

Allkes.com – Memastikan infus menetes sesuai dosis adalah hal yang merepotkan, sifat tetesan infus yang mudah terpengaruh misalnya oleh posisi tangan, seringkali membuatnya macet atau bahkan berhenti. Hal ini mempengaruhi dosis pemberian obat intravena. Meskipun di pasaran telah tersedia pompa infus, namun harganya masih mahal dan perlu waktu untuk mempelajari cara penggunaannya. Oleh sebab itu Shift Labs menghadirkan DripAssist. DripAssist telah memperoleh ijin FDA dan telah digunakan pada lebih dari 15 negara dan akan segera diadopsi oleh pasar Uni Eropa setelah mengatongi CE Mark.

Dr. Beth Kolko, CEO Shift Labs dan Profesor dari Universitas Washington yang memiliki ide kemunculan DripAssist. Keinginanya untuk ikut mengatasi kesenjangan kesehatan, utamanya di negara berkembang menuntunnya untuk ambil bagian dalam kemajuan teknologi kesehatan dengan rancangan yang berpusat pada manusia. Dengan melakukan survei pada perawat dan dokter di berbagai rumah sakit, dia berusaha untuk menemukan permasalahan yang berdampak besar. Pemeliharaan tetesan infus adalah satu dari sekian permasalahan yang ditemukan oleh Dr. Beth, yang menurutnya dapat diselesaikan dengan cara yang murah. Bersama-sama para perancang hardware diapun melahirkan DripAssist.

Pengoperasian DripAssist sangat sederhana, yaitu dengan memasangnya pada tabung tetesan infus melalui selangnya, kemudian infus diatur dengan rol infus set. Tanpa perlu menghitungnya, dalam beberapa detik akan muncul perhitungan tetesan infus dan laju aliran volumenya pada layar. Selain menampilkan hitungan tersebut, DripAssist juga dilengkapi alarm yang akan berbunyi saat kecepatan tetesan infus berubah atau berhenti. Alat ini memiliki akurasi hingga 99%, tidak memerlukan pemeliharaan khusus, bekerja di berbagai lingkungan, tidak memerlukan kalibrasi dan hanya memerlukan satu batrei AA, sehingga sangat portabel.(mr/ad)

Sumber Pustaka: .medgadget.comshiftlabs.com

One thought on “DripAssist, Hitung Tetesan Infus Digital

  1. Nomi berkata:

    Apakah alat ini sudah dijual di Indonesia? Adakah informasi harganya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *