Medical Research, Terbaru

Lacak Stem Sel Dengan Agen Kontras Sinar X

Lacak Stem Sel Dengan Agen Kontras Sinar X

Allkes.com- Perkenalkan, sahabat Medtech.id, Karbon Nanotubes (CNT), agen kontras sinar X terbaru pelacak sel induk dalam tubuh. Bersama dengan cluster bismuth, partikel yang memiliki panjang 20-80 nm ini mampu memblokir sinar X dengan lebih baik daripada zat kontras yang umum digunakan pada CT scanner, yaitu yodium. Peranan CTN dalam aplikasi biomedis bukan kali pertama, CTN sebelumnya telah digunakan sebagai penghantar obat, agen pencitraan, dan lainnya. Sedangkan bismuth dipilih karena kemampuannya untuk meredam sinar X, serta memiliki toksisitas yang rendah.

Saat ini untuk melacak stem sel, telah tersedia agen kontras MRI, namun MRI scanner jauh lebih mahal dan tidak tersedia  di semua daerah. Sehingga penggunaan agen kontras baru dalam pelacakan stem sel diharapkan dapat menurunkan biaya, karena tidak mensyaratkan penggunaan MRI scanner. Campuran kedua bahan ini diperkenalkan oleh para peneliti dari laboratorium kimia Rice University dengan melakukan pengolahan kimiawi untuk memperpendek waktu proses, serta melakukan pencacatan pada dinding samping naotube untuk mempererat penempelan keduanya.

Senyawa tersebut kemudian diuji dengan CT scanner di Rumah Sakit Baylor St. Luke, dengan membandingkan kemampuan nanotube kosong, generasi sebelumnya Bi@US-tube dan senyawa baru. Menurut Wilson, salah satu peneliti di Medical Center CHI St. Luke Health-Baylor St. Luke dan Baylor College of Medicine bahwa kultur stem sel yang diisi agen kontras baru menjadi mudah dikenali, mereka tidak gelap seperti tulang, tapi benar-benar gelap. Namun, aplikasi ini akan dapat digunakan setelah memperoleh persetujuan FDA, untuk saat ini penelitian masih dalam tahap praklinis. Lebih jauh penguji juga menemukan bahwa tidak ada rilis bismuth dari naotube yang diuji pada suhu tubuh pada lebih dari 48 jam.(mr/ar)

Sumber Pustaka: medgadget.compubs.acs.orgnews.rice.edu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *