Medical Entrepreneur, Terbaru

Dilema Pelayanan Kesehatan dalam Teknologi Adopsi

Dilema Pelayanan Kesehatan dalam Teknologi Adopsi

Allkes.com – Digital Transformation Incharge at KPJ Healthcare Bhd, Dr. Mubbashir Iftikhar memberikan pandangannya terkait dilema yang berkaitan dengan adopsi teknologi. Beliau mengatakan bahwa rasanya terlalu sederhana dan optimis apabila dikatakan bahwa perkembangan pelayanan teknologi akan berubah dalam kurun waktu 3 tahun. Hal itu akan membawa kesadaran dari semua produsen, dampak dari perubahan tersebut yang sekarang mulai merambah melalui bank, pendidikan, telekomunikasi dan industri travel. Apalagi kita sekarang berada pada dunia yang bersifat customer oriented, dimana Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM), mulai dari Facebook, Wechat atau beberapa platform di level lokal atau baru. Dan ketakutan itu muncul ketika yang lainnya tidak mampu mengikuti dinamika ini akan segera menjadi sesuatu tertinggal.

Seperti yang terjadi 5 tahun lalu, beberapa teknologi sepeti cloud computing, adopsi EMR, keputusan dalam sebuah sistem pendukung dan data analitik, merupakan hal yang dianggap baik untuk diterapkan. Akan tetapi hal tersebut menjadi naik tingkat di era ini menjadi kepentingan yang sangat kritis dalam segi penggunaan. Dari saat itu hingga sekarang, banyak dari industri yang berpikir bahwa dengan meraih pencapaian-pencapaian dalam hal tersebut, industri mereka mampu menjadi industri yang besar. Akan tetapi melihat selama 5 tahun ke depan, sepertinya tantangan itu akan berangsur-angsur menghilang dan ketakutan akan hilangnya nilai-nilai tradisional dalam hal pelayanan kesehatan akan menjadi semakin nyata.

Kemudian 5 tahun ke depan, tantangan akan datang mulai dari blockchain, 3D printing sebagai alat dasar di rumah sakit seperti fungsi radiology. AI dan robotik akan menjadi solusi untuk penanganan kesehatan, genomik dan perkembangan lain yang berkaitan. IomT sensor yang memberikan pendekatan dan banyak aspek serupa dari platform sosial disekitar kesehatan akan menjadi kunci sukses dalam perkembangan bisnis ini. Mungkin ini akan menjadi skenario bisnis yang kompleks atau membawa bidang pelayanan customer ke level selanjutnya melalui integrasi data yang lebih besar.

Pelajaran yang mampu diambil dari bukti-bukti yang ada saat ini adalah bahwa terdapat tantangan yang nyata dan siapapun yang berada dalam jalur tersebut akan mendapatkan momentum dan akan mampu mempertahankan level pencapaiannya, juga hal-hal penting seperti mendekatkan diri pada konsumen, dimana konsumen memegang peranan penting dalam perusahaan provider.(ad/ar)

Source :linkedin.comDr Mubbashir Iftikhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *