Medical Research, Terbaru

Pompa Jantung Baru Memberikan Bantuan Ekstra

Pompa Jantung Baru Memberikan Bantuan Ekstra

Allkes.com– Peneliti di Universitas Harvard dan Boston Children Hospital telah meluncurkan sebuah sistem robotik (soft robotic) yang membungkus sekeliling jantung untuk membantu menambah hasil output jantung. Berbentuk seperti pijat jantung, alat ini membuat kontak khusus dengan organ dan menyesuaikan dengan ritme aslinya, juga menerapkan gaya untuk memberikan jantung kekuatan tambahan.

Ketika sebuah alat asisst ventrikular kiri (LVADs) telah membantu semua orang dengan jantung yang sakit untuk hidup lebih baik dan panjang, mereka mampu terkena resiko seperti stroke, dan pasien juga membutuhkan pengencer darah yang sejatinya memiliki komplikasi tersendiri.

Alat ini terdiri dari exterior dari silikon, yang bisa disesuaikan sesuai dengan individu pasien, dengan aktuator pneumatic di dalamnya. Sebuah pompa udara eksternal menggerakkan udara dari dan ke dalam aktuator. Kemudian aktuator menekan alat ke dalam dan diletakkan di sekeliling dimana kompresi akan membantu jantung untuk berdetak lebih mudah, secara efektif bisa dikatakan pompa jantung ini tidak berinteraksi dengan darah.

“Bidang kardio kini telah beralih ke arah pengembangan kompresi jantung dibandingkan dengan pompa jantung VADs dikarenakan keterbatasan teknologinya, namun sekarang dengan perkembangan soft robotic sudah saatnya untuk kembali,” kata Frank Pigula, seorang ahli bedah kardiotoraks sebagai salah penulis studi ini. “Kebanyakan orang dengan gagal jantung masih memiliki satu fungsi yang tersisa, suatu hari nanti sebuah lengan robotik akan mampu membantu jantung bekerja lebih baik sehingga kualitas hidupnya mampu lebih baik kembali.” (ad/ar)

Pompa Jantung Baru Memberikan Bantuan Ekstra
All pic and source : medgadget.com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *