Medical Research, Terbaru

Pantau Sinyal Biomedis Dengan Attys Dari Glasgow Neuro Ltd

Pantau Sinyal Biomedis Dengan Attys Dari Glasgow Neuro Ltd

Allkes.com – Attys, sebuah perangkat open source yang dapat digunakan untuk memantau data sinyal biomedis telah dirilis oleh Glasgow Neuro Ltd. Perangkat ini mampu mengirimkan 24 bit data full precision melalui Blootooth ke ponsel, tablet atau PC. Hal ini memungkinkan data mentah selain data yang telah diolah untuk terpublikasi secara utuh seperti yang diperlukan oleh para peneliti saat ini. Fokus Attys saat ini adalah sinyal biomedis dari aktivitas jantung (EKG), aktivitas otot (EMG), dan aktivitas otak (EEG). Namun, Attys juga dapat digunakan untuk mengukur kuantitas fisik, seperti suhu, tekanan atau intensitas cahaya.

Dr. Bernd Porr merupakan pencetus ide dari lahirnya Attys. Ini dikarenakan terlalu seringnya aktivitas otak dipopulerkan sebagai aktivitas otot menimbulkan keinginannya untuk mendidik masyarakat tentang apa sebenarnya yang dapat diketahui dari sinyal biomedis dan. Sehingga mereka dapat mengambil keputusan mengenai kesehatan mereka sendiri dengan tepat. Ia pun membuat video di youTube tentang cara-cara merekam sinyal biomedis, dan langkah-langkah merakit bioamplifier sendiri. Video tersebut menjadi sangat populer dan para pembaca sering menanyakan kemungkinan untuk membeli bioamplifier versi rakitan. Maka dari itu Dr. Bernd Porr memutuskan untuk mengembagkan Attys untuk mempermudah masyarakat mendapatkan bioamplifiernya.     

Pengukuran EKG, EMG, dan EEG sangat sederhana,  dimulai dengan menyalakan Attys, setelah LED biru menyala, sambungkan dengan perangkat Bluetooth. Dengan aplikasi AttyScope pada ponsel, tablet atau PC hasil pengukuran EKG, EMG, dan EEG direkam. Langkah selanjutnya adalah data diproses dengan aplikasi OCTAVE atau MATLAB. (mr/ar)

Sumber Pustaka: medgadget.combiosignals.berndporr.me.ukattys.tech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *